Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan HP dengan Sehat (Solusi Sehat Keluarga)

Menggunakan gawai atau handphone, sepertinya adalah hal biasa. Bahkan sudah menjadi kebutuhan setiap orang. HP dibuthkan untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk alat komunikasi, transaksi, media pembelajaran, berbisnis, hiburan, media menulis, dan sebagainya.

HP sebagai alat Komunikasi

Handphone merupakan alat komunikasi jarak jauh yang luar biasa, canggih. Kalau zaman dahulu, seeorang berkirim kabar menggunakan surat dan dikirim melalui jasa pengiriman surat. Hingga menggunakan telpon berbasis kabel (manual). Pada akhirnya, saat ini menggunakan gawai nirkabel (tanpa kabel penyambung pesawat telpon). Sehingga, mau berbicara dan berkomunikasi dengan siapa saja sesuai kontak kita, bisa. Bahkan, juga dilengkapi dengan fitur telpon bergambar (video call). 

Sebagai alat komunikasi, panggilan melalui seluler juga bisa menggunakan fitur bawaan (telpon), WA maupun aplikasi lainnya. Ini adalah sebuah kemajuan teknologi. Dengan cepat kita bisa memperoleh informasi melalui telpon sahabat atau keluarga kita.

HP sebagai media transaksi

Sepertinya uang kertas semakin sedikit digunakan untuk transaksi jarak jauh ataupun transaksi dengan pihak-pihak penjualan dan atau yang menyediakan paltform online. Saat ini, untuk membayar sesuatu, lebih banyak menggunakan transfer by m-banking maupun aplikasi pembayaran lainnya. Sehingga, "uang digital" sepertinya lebih efektif dalam melakukan transaksi pembayaran.

Membeli produk, ongkos pesan online, membeli tiket, memesan hotel, membayar angsuran, kewajiban pembayaran tagihan listrik, pembayaran uang kuliah dan lainnya, efektif menggunakan transaksi elektronik dari HP.

 

HP sebagai media pembelajaran

Pada masa pandemi ini, HP efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Mulai dari platform berbayar hingga gratis, bisa digunakan untuk melancarkan proses pembelajaran. Misalnya, guru dapat menggunakan aplikasi virtual meeting (zoom, meet, webex) untuk kegiatan pembelajaran sinkronous. Pembelajaran Tatap Maya. 

Guru juga bisa menggunakan ruang kelas maya dalam mengajar, membagikan materi, memberikan ulangan sekaligus penilaian. Bahkan, bisa dijadikan media komunikasi pembelajaran serta interaksi dalam pembelajaran.

HP juga bisa digunakan untuk presentasi materi pelajaran. Dengan media youtube, HP bisa menjadikan siswa dapat menonton video pembelajaran di youtube.

sumber gambar: bobo.grid.id

HP sebagai media berbisnis

Zaman sekarang, toko online adalah hal yang biasa. Baik yang jualan maupun yang membeli, sama-sama menggunakan HP untuk bertransaksi. Pembeli bisa melihat gambaran barang yang dibutuhkan. Penjual dapat mendeskripsikan produknya dan menyertakan foto.

Banyak sekali paltform bisnis online yang saat ini sedang digandrungi. Sehingga dengan HP kita bisa mencari apa yang dibutuhkan. Juga menjual apa yang kita hasilkan melalui HP. Sehingga HP sebagai media berbisnis sudah menjadi hal biasa, saat ini.

HP sebagai media menulis

Bagi guru atau penulis atau siapa saja yang ingin menulis, bisa menjadikan HP sebagai media untuk menulis. Minimal menulis pesan. Namun, juga bisa dijadikan media untuk mengelola paltform media penulisan, misalnya blog. Para sahabat keluarga bisa menulis di blog yang dilakukan dari HPnya.

HP sebagai media hiburan

Game menjadi tren bagi anak-anak, juga orang masyarakat umum. Jika anak-anak ama sebagai hiburan, maka biasanya hiburan pada masyarakat umumnya adalah menikmati sajian hiburan di youtube, juga berita. Membaca bisa jadi hiburan. Sebab, kadang yang dibaca adalah berita-berita aktual. Sehingga tidak membosankan. Refreshing dengan membaca.

Di youtube, sangat banyak konten yang ngetren dan menghibur. Maka, HP menjadi media hiburan yang bisa dibawa ke mana-mana.

Tentu saja masih banyak lagi fungsi HP. Silakan para sahabat bisa mengidentifikasi.

Kemudian, seiring dengan banyaknya penggunaan HP, maka radiasinya semakin tinggi yang kita hadapi. Menurut informasi di laman .alodokter.com/ bahwa HP dengan radiasinya dapat mengganggu kesehatan kita. Adanya paparan bahwa radiasi HP dapat menyebabkan kanker, belum didukung bukti ilmiah.

Namun, kita perlu hati-hati terhadap penggunaan HP yang berlebihan. Menurut pengalaman admin, jika menggunakan HP dalam waktu yang lama, biasanya akan terasa seperti tegang dan kepala sedikit pusing serta pandangan agak kabur.

Oleh karena itu perlu menggunakan HP secara sehat. Yakni, menggunakan HP secara tidak berlebihan. Maka, berdasarkan pengalaman pula, disarankan dalam penggunaan HP agar sebagaimana mestinya, yakni sebagai berikut.

Sahabat menggunakan HP seperlunya saja. Jangan berlebihan. Apalagi digunakan untuk halyang kurang bermanfaat.

Sebaiknya menggunakan headset saat menelpon

Jangan meletakkan HP di saku. Letakkan di tas kita saja

Jangan menelpon terlalu lama

Jangan gunakan radiasi HP saat gelap di dalam rumah

Matikan HP saat kita istirahat

Jangan gunakan HP menelpon saat dicharge.


Informasi lainnya, bisa dapat dibaca juga:

Aplikasi Rekam Layar Laptop/ Komputer  👇👇👇

Cara Membersihkan Cache di Laptop/ Komputer  👇👇👇

Dan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:

Demikia informasi bagaimana upaya sehat dalam menggunakan HP. Semoga bermanfaat.


 

4 comments for "Menggunakan HP dengan Sehat (Solusi Sehat Keluarga)"