Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sederhana Merawat Bunga Aglonema

Para pecinta tanaman bunga yang ceria, seprti diketahui bahwa bunga memiliki nilai keindahan atau estetika yang dapat menyenangkan pehobinya. Tidak semua orang memiliki hobi yang sama. Oleh karena itu, hobi adalah anugerah. Sebab, dengan hobi, kita bisa memeroleh kepuasan rasa, kesenangan dan kebahagiaan.

Salah satu hobi yang banyak disukai ibu-ibu atau suatu keluarga adalah tanaman hias. Banyak sekali ragamnya. Namun, kali ini kita akan memberikan tip cara merawat tanaman hias aglonema. Cara sederhana yang mungkin bisa dipraktikkan di rumah.

Bunga aglonema, tergolong bunga yang unik, dan cukup mahal. Biasanya, sangat cocok memanjakan pandangan jika diletakkan di beranda rumah. Lalu, bagaimana cara merawatnya agar tetap indah. Tentu saja menghindari dari layu atau mati.

Cara Sederhana Merawat Bunga Aglonema    

Cara merawat yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut.

Menggunakan polybag yang memadai

Polybag atau pot yang digunakan haru sesuai. Minimal, tidak mengganggu perkembangan akarnya. Atau tidak terlalu sedikit media tanah. Besar-kecil pot bunga, bergantung selera. Tetapi, juga harus sesuai dengan besar-kecilnya tanaman hias ini. Tujuannya, agar tidak layu atau mati, jika media tanah sedikit.

Menggunakan tanah yang subur

Tanah yang subur, menjadi syarat utama dalam menanam tanaman hias. Apalagi tanaman hias yang diharapkan nilai estetikanya. Tanah yang organic (mengandung) unsur hara organic akan membuat tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Jumlah tanah, juga disesuaikan dengan besar-kecilnya pot bunga. Selain itu, upayakan tanah dalam pot bunga senantiasa menjadi gembur. Sehingga pertumbuhan akar lebih baik.

Menjaga kesesuaian dengan sinar matahari

Tempatkan tanaman ini cukup sinar matahari. Jangan terlalu berlebihan. Jika terlalu kena panas menyengat matahari, bisa saja warna daunnya akan layu kekuningan. Sehingga tak tampak indah dan segar. Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam proses fotosintesis

Menjaga kelembaban

Sebaiknya, tanaman aglonema ini tidak diletakkan di daerah yang terlalu lembab. Misalnya di dekat kamar mandi yang kurang cahaya. Atau di dalam ruangan yang sulit terkena matahari. Sehingga suhunya lembab, namun kurang sinar matahari. Hal ini kurang baik bagi pertumbuhannya.

Memberi pupuk organik

Pupuk alami atau organik dibutuhkan dalam merawat tanaman hias ini. Bahwa pupuk alami bisa membuat sendiri, misalnya kompos. Atau membeli di toko bunga yang menyediakan pupuk organik cair. Pemakaian pupuk disesuaikan dengan aturan pakainya. Jangan berlebihan atau kekurangan. Ada pupuk organik yang perlu digunakan dalam rentang waktu 15-30 hari sekali. Bisa juga ada yang 1-2 bulan sekali.

Membersihkan daun

Daun aglonema yang segar aka terlihat indah jika dibersihkan. Dibersihkan atau dilap menggunakan kain yang halus. Sedikit dibasahi agar kotoran atau debu yang menempel akan bersih. Dengan demikian daun aglonema tampak indah mengkilat.

Menyiangi bagian yang layu

Jika ada bagian daun yang layu, bisa dipangkas. Sehingga terlihat tampak indah. Pemotongan daun tersebut harus hati-hati agar tidak melukai bagian yang bagus.

Jangan terlalu banyak disiram

Kemudian, jika terlalu banyak disiram, bisa menyebabkan akar rusak atau bahkan busuk apalagi kepadatan tanahny tinggi atau lubang di bagian bawah pot kecil dan tidak bisa mengalirkan air siraman. Segera periksa agar kadar air dalam media tanah cukup, tidak terlalu basah.

Bahan bacaan: berkeluarga,id dan artikel laiinya.


Sahabat tip rawat yang berbahagia, demikian informasi tambahan agar dapat dipraktikkan dengan baik. Semoga senantiasa sehat selalu. Semoga hobinya membahagiakan.

Post a Comment for " Cara Sederhana Merawat Bunga Aglonema "