Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menanam TOGA di Pekarangan Rumah, Rasakan Manfaatnya

Satu hal penting bagi keluarga kita adalah menjaga kesehatan di masa pandemi. Juga meskipun tidak sedang ada wabah covid-19, setiap keluarga juga perlu menjaga kesehatan keluarga. Satu-satunya anggota keluarga, diharapkan senantiasa sehat. Paling tidak bisa menajga imunitas tubuh tetap stabil.

Nah, sebenarnya banyak sekali tanaman yang bisa kita tanam sebagai tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Tujuannya, untuk membiasakan diri dan keluarga dapat memanfaatkan lahan yang dimiliki. Baik lahan lebar maupun sempit, bergantung keluarga kita memanfaatkannya.

Kadang, sebuah keluarga memiliki lahan cukup luas, tetapi kurang bisa memanfaatkannya. Tetapi, ada pula yang memiliki lahan sempit, tetapi dapat memanfaatkannya dengan baik. Bahkan, juga bisa menggunakan atau system hidroponik bagi keluarga yang tidak memiliki cukup lahan.

Apapun bentuknya atau system penanamannya, namun yang terpenting dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam TOGA ini. Sekali lagi, meskipun oreintasinya bukan untuk komersial, tetai tanaman obat keluarga ini bisa dijadikan kebutuhan kesehatan alami untuk anggota keluarga kita.

Temulawak/ Sumber Gambar: karangsono.ngawikab.id

 

Lalu, tanaman apa yang bisa ditanam?

Negara kita memiliki tanah yang subur. Sehingga, kita menanam tanaman, juga bisa tumbuh dengan baik. Tetapi, mungkin di beberapa daerah membutuhkan tanah khusus (bukan tanah setempat). Tanah tersebut telah dicampur pupuk kendang, kompos dan pupuk organic laiannya.

Nah, yang bisa kita tanaman dari tanaman TOGA ini adalah sebagai berikut.

    1. Kemangi
    2. Kunyit
    3. Seledri
    4. Sirih
    5. Selasih
    6. Delima
    7. Mengkudu
    8. Keladi
    9. Jahe
    10. Serai
    11. Kayu Manis
    12. Lengkuas
    13. Kencur
    14. Temulawak
    15. Jeruk Nipis
    16. Binahong
    17. Belimbing
    18. Bunga Matahari
    19. Jintan Hitam
    20. Kumis Kucing
    21. Pepaya

Dan masih banyak yang lainnya.

Mengkudu: Sumber Gambar: kalteng.litbang.pertanian.go.id

 

 Nah, para sahabat keluarga kita, beberapa tanaman TOGA tersebut mudah didapatkan. Menurut pengalaman, juga seringkali dimanfaatkan untuk hal-hal berikut.

    1. Kemangi

Kemangi biasanya dijadikan teman ketika makan dengan menu ikan goreng dengan lalapan. Kemangi dijadikan lalapn saat menyantap makan tersebut. Namun, di beberapa daerah, termasuk oleh keluarga admin, kemangi sering digunakan untuk keluhan bau badan dan segar untuk pernapasan kita.

    1. Kunyit

Kunyit adalah tanaman TOGA berbentuk rimpang. Selain untuk bahan memasak, kunyit sangat segar untuk pencernaan kita. Biasanya, kunyit dibuat irisan lalu diseduh. Ada juga yang memanfaatkannya untuk jamu tradisional dengan cara dihaluskan menjadi bubuk kunyit.

    1. Seledri

Seledri dengan wangi yang khas juga bisa menjadi tambahan lalapan atau sebagai toping pada kue basah tertentu. Admin Keluarga Kita juga kadang menggunakan seledri ketika tekanan darah terasa tinggi.

    1. Sirih

Di desa, sirih kadang digunakan oleh orang tua untuk “nginang”. Yakni makan sirih dan pinang. Admin sering berkumpul dengan tetua perempuan desa, ternyata gigi mereka masih bagus dan kuat.

    1. Selasih

Selasih seringkali digunakan sebagai campuran minuman segar ya. Minuman manis dengan gula serta syrup, juga sering menggunakan biji selasih.

    1. Delima

Delima merah disukai anak-anak dalam keluarga. Delima juga sering dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan tekanan dari yang tinggi. Delima yang merah dan tua, sangat enak dikonsumsi.

    1. Mengkudu

Mengkudu dapat digunakan ketika sudah masak, diblender. Tetapi, sebagian remaja juga menyukainya untuk dirujak. Mengkudu dikonsumsi oleh sebagian orang untuk yang mengalami tekanan darah tinggi.

    1. Keladi

Keladi adalah tanaman dengan daun lebar dan berumbi. Biasanya, masyarakat desa memenfaatkannya jika ada keluhan benjolan yang tidak sakit.

    1. Jahe

Jahe adalah tanaman TOGA yang tidak asing lagi. Jahe digunakan untuk bahan memasak bersama rempah-rempah yang lain. Namun demikian, jahe juga sering digunakan untuk mengahangatkan tubuh dan gangguan pernapasan.

    1. Serai

Serai adalah tanaman TOGA yang wangi. Lebih sedap jika direbus bersama air degan. Orang desa, terutama di keluarga admin, menggunakannya untuk gangguan pernapasan atau batuk ringan.

    1. Kayu Manis

Kayu manis juga tanaman yang wangi. Dalam resep, kayu manis disertakan dalam rempah-rempah lain untuk memasak lauk daging. Tetapi, kayu manis juga digunakan sabagai pewangi dalam kue. Admin menggunakannya untuk gangguan pernapasan atau ketika gangguan darah tinggi.

    1. Lengkuas

Lengkuas juga jenis rimpang yang digunakan untuk bumbu masak. Namun, para tetua di desa admin juga menggunakannya untuk gangguan penyakit kulit.

    1. Kencur

Kencur selain untuk bumbu masak, kadang juga digunakan untuk campuran minuman tradisional yang menyegarkan.

    1. Temulawak

Temu lawak sering digunakan untuk gangguan pencernaan dan fungsi hati. Bagi masyarakat desa tempat tinggal admin, temulawak dikonsumsi juga oleh penderita gangguan atau masalah lever ringan.

    1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis adalah jeruk yang sangat berguna untuk campuran dalam masakan. Misalnya, soto. Tinggal diperas saja. Namun, jeruk nipis juga dijadikan minuman yang menyegarkan dengan kandungan vit c nya.

    1. Binahong

Masyarakat di desa admin, sering menggunakan binahong untuk penyembuhan luka. Termasuk luka ketika baru dioperasi. Di samping itu, saat ini telah tersedia binahong dalam bentuk kapsul.

    1. Belimbing

Belimbing adalah buar yang berbentuk bintang memanjang. Biasanya langsung bisa dikonsumsi atau untuk rujakan. Admin sering juga memanfaatkannya jika mengalami sariawan.

    1. Bunga Matahari

Bunga matahari adalah bunga yang mekar, mengikuti arah matahari. Sungguh unik. Bijinya juga dapat dikonsumsi dengan cara dikeringkan.

    1. Jintan Hitam

Jintan juga sering dijadikan bumbu masak. Bagi masyarakat tempat tinggal penulis, jintan juga digunakan untuk gangguan gula ringan.

    1. Kumis Kucing

Nah, kumis kucing adalah tanaman TOGA yang cukup dikenal. Biasanya digunakan untuk gangguan saluran BAK.

    1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang penuh dengan “daging”. Rasanya juga khas. Kami sering mengonsumsinya dan baik untuk BAB agar lancar.

Informasi penting lainnya, dapat dibaca juga:


 Demikianlah para sahabat keluarga kita, semoga bisa segera menerapkannya di rumah. Sebab, manfaatnya juga banyak sekali. Bagi yang memiliki pengalaman menanam dan mengonsumsi tanaman TOGA, diharapkan juga bisa berbagi di blog keluarga kita ini. Terima kasih.

Post a Comment for " Menanam TOGA di Pekarangan Rumah, Rasakan Manfaatnya"