Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tip Hemat Aki Mobil Keluarga, Lakukan Perwatan dengan Tepat

Para sahabat keluarga kita, mungkin bagi sahabat yang memiliki mobil, tiba-tiba terjadi kerusakan pada accu mobilnya. Sehingga mobil tidak dapat digunakan secara maksimal. Bahkan, jika aki tersebut lemah atau bermasalah, maka juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam perjalanan. Apalagi perjalanan jauh.

Tentu saja, jika aki sering rusak atau lemah juga dapat menguras finansial. Oleh karena itu, perlu perawatan yang baik. Para sahabat juga perlu memahami bagaimana cara merawat perangkat mobil ini dengan baik.

Para sahabat dapat mencari informasi penting tentang hal itu di situs resmi aki atau web tentang accu. Namun, juga banyak pengalaman sahabat yang berteman dengan mekanik mobil, sehingga juga mengetahui cara merawatnya dengan baik.


 

Para sahabat disaranak untuk melakukan tindakan sebagai berikut.

1.      Membersihkan accu secara rutin

Membersihkan aki supaya dilakukan secara rutin. Pada kutup positif dan negatif aki juga bisa dibersihkan agar listrik dari aki dapat menyala dengan baik.

2.      Penggunaan aki setiap jenis mobil

Setiap mobil, bisa saja menggunakan aki dengan jenis, ukuran, voltase yang berbeda. Maka, perhatikan jenis aki yang digunakan pada mobil sahabat. Harus sesuai.

3.      Nyalakan modil setiap waktu tertentu

Agar aki tetap mengisi daya, maka nyalakan mobil setiap waktu tertenu. Misalnya dinyalakan dua hari sekali, tiga hari sekali. Pengalaman admin keluarga kita, setiap dua hari sekali, melakukan atau menyalakan mobil. Meskipun tidak pergi kemana-mana.

4.      Jika lama tidak digunakan, sebaiknya lepaskan kabel pada aki

Jika mobil sahabat cukup lama tidak digunakan, sebaiknya kabel pada aki dilepaskan. Sebab, dapat berpengaruh pada aki. Daya aki, lama kelamaan dapat berkurang. Juga menghindari hal lainnya yang tidak dikehendaki.

5.      Gunakan aki dengan kualitas terbaik

Tanyakan kepada ahli mekanik atau yang berpengalaman tentang karakteristik aki yang bagus. Sehingga para sahabat dapat membeli aki dengan kualitas terbaik. Harapannya dapat dipakai untuk waktu yang standar. Atau bahkan bisa melewati dari waktu normal pemakaian aki. Pengalaman admin, pernah menggunakan aki untuk waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 4 tahun lebih sedikit.

6.      Kontrol air aki

Kontrollah air aki selalu dalam batas minimal. Jangan sampai kekurangan air aki.

7.      Pastikan sambungan ke aki tidak longgar

Sambungan kabel ke aki harus benar-benar dalam keadaan baik, kuat dan tidak longgar. Sehingga aurs listrik yang dihasilkan juga baik.

8.      Ketika mobil berhenti, matikan lampu dan perangkat lain yang tersambung ke aki

Lampu yang menyala pada saat mesin berhenti lama kelamaan akan mengurangi daya aki. Sehinga juga terlalu lama, maka mobil akan mengalami kesulitan ketika mau dinyalakan.

9.      Aki jangan sampai bocor

Jagalah aki jangan sampai bocor. Sehingga tidak membahayakan. Atau akan mengalami waktu lebih cepat untuk lemah.

10.  Perhatikan posisi aki, jangan mudah bergeser

Aki juga harus tidak mudah bergerak. Dikhawatirkan dapat menimbulkan gesekan dengan body mobil atau kabel lainnya. Tentu hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

11.  Jangan nyalakan kontak mobil jika mesin mobil berhenti/ mati

Dalam posisi mobil berhenti, jangan nyalakan kontak. Atau kontak mobil dalam posisi on. Lama kelamaan juga akan mengurangi daya aki itu sendiri.

12.  Hindari menyalakan AC saat mesin mobil berhenti atau mati

Nah, para sahabat, semoga dengan berbagi ini dapat memberikan manfaat. Untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:



Semoga Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari. Salam Tekno.

Terima kasih atas perhatian para sahabat. Salam keluarga kita.

Post a Comment for "Tip Hemat Aki Mobil Keluarga, Lakukan Perwatan dengan Tepat "