Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tip Memanfaatkan Pekarangan Rumah yang Sehat dan Menghasilkan

Pandemi yang melanda negara kita, janganlah menjadikan semangat keluarga kita menjadi kendur. Justru dengan musibah ini, kita bisa mengambil hikmahnya. Kemudian, tetap semangat untuk berkarya. Hindari stress berlebihan agar tidak terjadi kelesuan. Pada gilirannya, imunitas tubuh bisa jadi menurun.

Oleh karena itu, tetaplah bersemangat. Apapun yang bisa dilakukan, lakukanlah sesuatu yang positif dan bermanfaat. Salah satu yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan, sekalibus berekreasi di rumah adalah memanfaatkan pekarangan rumah untuk hal yang bermanfaat.

Manfaat di sini, tidak harus menghasilkan materi yang menumpuk. Jika, memang bisa menghasilkan materi, ya perlu disyukuri dan dikembangkan. Tetapi, pada prinsipnya, pemanfaatan lahan pekarangan kita bertujuan untuk rekreasi, hobi keluarga, menghasilkan materi, sebagai cadangan makanan tambahan, penghijauan mandiri, memeroleh udara segar dan tujuan lainnya.

Sumber Gambar: id.wikipedia.org/wiki/Pekarangan

Sebagaimana dijelaskan dalam web distan.bulelengkab.go.id/  bahwa pekarangan rumah memiliki fungsi yang banyak sekali, terutama secara umum dapat berfungsi sebagai:

  1. Sumber pangan keluarga. Bagi yang memiliki lahan luas dan cukup subur, maka lahant ersebut dapat ditanami jagung, umbi-umbian, sayuran, pohon yang berbuah, kola mikan air tawar atau bahkan bisa menjadi area peternakan sekalugus, meskipun kecil-kecilan.
  2. Sumber obat-obatan dari tanaman TOGA. Untuk lebih lanjut tentang Tanamanan Obat-Obatan Keluarga dapat dibaca juga: Menanam TOGA di rumah.
  3. Bisa menjadi area tanaman bumbiu dapur, sekaligus bisa juga dimanfaatkan sebagai TOGA.
  4. Tanaman yang banyak, biasanya menghasilkan sampah organic dan baik untuk dijadikan kompos atau pupuk organik

Salah satu yang bernilai hobi adalah nilai keindahan dari pekarangan kita yang ditanami berbagai tanaman, apalagi banyak bunga-bunga yang menawan.             

Dengan demikian, pekarangan kita akan banyak memberikan manfaat. Selain berfungsi seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pekarangan rumah juga banyak memiliki manfaat:

  1. Menambah gizi dalam makanan keluarga; Adanya sayuran. Ternak, budidaya ikan, dan buah-buahan dapat menjadi sumber makanan yang bergizi bagi keluarga kita.
  2. Membantu menjaga kesehatan: Dengan tanaman TOGA. Maka dapat dimanfaatkan untuk minuman, jamu maupun obat-obatan alamiah. Sehingga seperti apotik hidup.
  3. Menambah pemasukan dari sector finansial. Keluarga kita yang cukup membudidayakan ikan, berternak, menanam pohon berbuah dan lainnya dapat memungkinkan kelurga kita memeroleh hasil, ketika panen. Dengan demikian dapat menambah penghasilan dalam keluarga.
  4. Pekarangan rumah juga bermanfaat untuk sarana hiburan dan rekreasi bagi kelauarga. Dengan pekarangan yang rindang, udara sejuk dan lingkungan yang indah, akan menjadi sangat nyaman untuk berekreasi. Tidak perlu pergi ke tempat jauh untuk mendapatkan udara segar dan kesenangan atau hobi.

Bagaimana jika pekarangan kita tidak luas?

Maka, manfaatkanlah seoptimal mungkin. Misalnya menggunakan system hidroponik untuk tanaman, kolam bertingkat untuk budidaya ikan air tawar, dengan polybag untuk bunga-bunga yang menawan.

Secara teknis, sahabat keluarga kita lebih memahami kondisi di rumah kita sendiri. Untuk itu desain untuk menjadikan pekarangan kita bermanfaat, sahabatlah yang lebih memahaminya.

Untuk Informasi lainnya, bisa dibaca juga:


Semoga Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari. Salam Tekno.

Ayuk. Dicoba memanfaatkan pekarangan kita, dari sekarang. Salah sehat bersama keluarga kita, semoga bermanfaat.


Post a Comment for " Tip Memanfaatkan Pekarangan Rumah yang Sehat dan Menghasilkan"