Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tip Menulis Digital di Blog Inspiratif dari Smartphone atau Laptop

Teknovasitg.com-Kemajuan teknologi dan informasi, terutama teknologi digital dan komputerisasi telah menjadi banyak orang bergantung kepada beberapa perangkat pendukungnya. Yakni, teknologi terapan digital itu sendiri. Mulai dari yang sederhana hingga kompleks, atau dari desa hingga perkotaan, banyak yang telah menggunakan teknologi digital. Baik untuk promosi, pemasaran, publikasi, maupun untuk hiburan online semata.

Sepertinya, di dunia ini telah tidak ada batas-batas Negara secara online. Setiap orang di belahan dunia, dengan sangat cepat dapat menyaksikan suatu peristiwa atau kehidupan seseorang di belahan bumi lainnya. Tidak ada lagi sekat yang membatasi ruang publik untuk berinteraksi, mendapatkan informasi, memeroleh inspirasi atau bahkan meniru dan memodifikasi apa yang telah dilihatnya melalui jendela internet.

Era industri 4.0 juga menjadi bagian dari perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih dan mutakhir. Namun, teknologi yang terkait dengan instrumen atau peralatan fisik modern, akan sulit diketahui atau dipahami oleh banyak orang diberbagai negara, tanpa adanya informasi yang menyajikannya. Inilah peran strategis teknologi informasi dan komunikasi dalam menyampaikan informasi dan pesan penting dari subyek informasi tersebut.

Apalagi, ketika kita akan menuju ke era society 5.0 yang menekankan pada indikator sosiologi, berinteraksi sosial, berkolaborasi dan berbagi. Sehingga, aktivitas berbagi dalam konteks pengetahuan, wawasan dan perkembangan dunia teknologi, menjadi suatu keharusan.

Bagaimanakah cara menyampaikan gagasan dan informasi yang dapat membantu orang lain menjadi tahu dan memahami? Mengapa setiap orang penting untuk saling berbagi?

Sebelum pada bagaimana cara menyampaikan informasi dan mengapa penting disampaikan, maka kita perhatikan dahulu beberapa jenis informasi yang biasa kita lihat dan baca secara online di internet. Dalam dunia blogger, bidang tertentu yang menggambarkan informasi yang relevan dengan bidang yang sama, dikatakan sebagai niche.

Bidang atau niche yang beragam dapat dengan mudah kita temukan di dunia maya. Para penyedia layanan informasi telah menempatkan tulisan atau artikel tersebut untuk bisa dimanfaatkan oleh para pembacanya. Bukan saja membacanya, namun bisa juga mempraktikkannya apabila artikel tersebut memuat tentang suatu keterampilan, kerajinan, prosedur dan atau pembuatan sesuatu yang inspiratif. 

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk belajar dan memahami setiap bagian dan bidang keilmuan yang unik dan beragam. Satu niche dengan niche lainnya memiliki keunikan sendiri dan berbeda. Sehingga, kita dapat dengan mudah menemukan jenis informasi terntentu masuk pada kategori niche atau bidang terntu pula.

Baiklah, kita mencoba untuk mencontohkan niche atau bidang tertentu yang bisa kita dapatkan informasinya di dunia internet dengan mudah.

Kesehatan

Bidang kesehatan, menjadi bidang yang penting. Seseorang yang ingin mencari sumber informasi tentang suatu penyakit, pengobatan, usaha kesehatan, kesehatan alamiah, tindakan operasi, tindakan medis, rujukan RS, rekomendasi dokter, layanan kesehatan, teknologi di bidang kesehatan, jaminan kesehatan, informasi pandemi, endemi, dan wawasan kesehatan lainnya, dapat ditemukan pada niche ini.

Pendidikan

Niche Pendidikan, hampir setiap kita mengeklik kata kunci, senantiasa muncul. Mengapa? sebab, banyak bidang tertentu di dunia ini terkait dengan pendidikan. Baik langsung maupun tidak langsung. Misalnya, tentang kesehatan. Maka, juga terdapat bidang pendidikan yang membahas kesehatan. Yakni, menempuh pendidikan kesehatan, kampus kedokteran, materi kuliah tentang kesehatan, artikel kedokteran, dan ranah pendidikan lainnya di bidang kesehatan.

Dengan demikian, untuk informasi pendidikan ini dapat disajikan oleh guru, guru ngaji, dosen, tokoh masyarakat, ulama dan siapa saja yang dapat menyampaikan dunia pendidikan umum, khusus dan keagamaan.

Teknologi dan Informasi

Nah, teknologi dan informasi juga bagian dari niche atau bidang tertentu. Informasinya seputar dunia teknologi secara umum dan khusus. Baik dapat berupa berita teknologi, penemuan teknologi, penelitian tentang teknologi, hasil-hasil teknologi, pemanfaatan teknologi, perkembangan teknologi, penggunaan perangkat digital dan komputerisasi, dan sebagainya.

Teknologi/ Pabrik/Perusahaan dll

Hal ini membahas tentang informasi dunia teknologi terapan yang dikerjakan oleh pabrik, perusahaan dan sejenisnya. Sehingga, dihasilkan sebuah alat dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, teknologi perkapalan, teknologi mesin, dan sebagainya.

Bisnis

Niche yang juga banyak adalah bisnis. Bisnis dalam dunia digital sangat banya ragamnya. Misalnya dimulai dari usaha sendiri, firma, PT, CV dan Koperasi serta lainnya yang dipasarkan atau diinformasikan secara digital di dunia maya. 

Tidak itu saja, bisnis ini juga pada ranah yang luas. Misalnya, tersedianya perdagangan online, aplikasi jasa onlie dengan ranah bisnis, pemasaran online, jaringan online, market dengan jenjang atau level online, dan sebagainya. Pada niche bisnis ini, bisa dikhususkan lagi. Misalnya: Bisnis herbal, pertanian, peternakan, budidaya, toko online dan seabgainya.

Keuangan

Niche keuangan dapat berupa jasa bidang finance dari lembaga atau institusi perbankan, Koperasi simpan pinjam online, pinjol, akutansi, dan pembiayaan lainnya. Selain itu juga dapat berupa aplikasi tentang keuangan dengan teknologi yang mutakhir.

Lingkungan

Tema atau bidang lingkungan, biasanya terdapat informasi tentang lingkungan, peduli lingkungan, menjaga lingkungan, pemanfaatan lingkungan, sumber daya alam, pengolahan alam, budidaya di alam dan sebagainya.

Hiburan

Niche hiburan dapat berupa: game online, musik, yang ditulis dengan link terkait. Serta hiburan lain yang menarik dan dapat mengundang minat seseorang untuk mengunjunginya.

Olahraga

Bidang lainnya adalah olahraga. Seputar artikel olahraga, siaran langsung atau live streaming olahraga, lomba, pertunjukan atau exebhisi, pertandingan, hobi olahraga dan artikel lainnya yang disertai dengan ink tertentu yang merujuk pada dunia olahraga.

Hobi

Hobi juga seringkali ditulis dalam blog. Misalnya, traveling. Sehingga menjadi travel writing. Hobi mendaki, skyboat, memancing, dan lain sebagainya. Bergantung para sahabat, hendak menulis dari aspek mana saja.

Keagamaan

Bidang ini khusus membincang masalah kerohanian, nasihat keagamaan serta filosofi hidup dalam pndangan agama. Artikel pada niche ini merupakan perjalanan spiritual bermakna bagi pembacanya. Juga tentang hubungan manusia dengan Sang Pencipta.

Media online

Media online merupakan bidang jasa untuk menyampaikan informasi. Sedangkan informasi atau beritanya terkait dengan persoalan aktual dan faktual dari berbagai bidang di atas.

Serta bidang atau niche lainnya yang mungkin bisa dilengkapi oleh para sahabat.

Mengapa penting untuk menulis atau menyampaikan informasi? 

Sebab, tingkat literasi yang tinggi dari setiap masyarkat, akan ada kecenderungan untuk berbagi dan menyampaikan informasi. Sehingga, apa yang diperoleh, diketahui dan dipahami akan disampaikan lagi pada orang lain. 

Nah, untuk jangkauan yang luas, para sahabat dapat menuliskannya di blog inspiratif.

Bagaimana cara menyampaikan gagasan di blog kita?

  1. Temukan data dari materi yang akan disajikan. Carilah sumber data yang akurat, di mana saja. offline atau online.
  2. Tentukan topik yang akan dibagikan. Tulis saja poin-poinnya. Baik dari smartphone maupun laptop.
  3. Kembangkan poinnya, lalu tulis di blognya.
  4. Jika belum punya blog, belajarlan membuat blog sederahana. Tentukan pula bidang blognya.
  5. Bagikan tulisan yang bermanfaat.
  6. Komitmen untuk berbagi tanpa pamrih.

Nah, sahahat demikian yang bisa teknovasi sampaikan. Semoga bermanfaat.

Twibbon Marhaban Yaa Ramadan

WA dari Komputer atau Laptop

Twibbon Sukses Ujian Madrasah

Tip Membuat Undangan Digital

Kumpulan Aplikasi Tepat Guna

Aplikasi Scanner Keren dari HP

Cara Merekam saat G-Meet tanpa Ribet

Twibbon Guru Penggerak

Cara Merawat Laptop yang Tepat

Sudah Tahu Simtem Jaringan Komputer?

Mencetak dari Printer tanpa Kabel

Menjadi Writer Blogger Keren

Mengatasi Laptop Lemot dan Berat

Aplikasi Rekam Layar di Laptop, Terbaik

Aplikasi Kwintansi Praktis


2 comments for "Tip Menulis Digital di Blog Inspiratif dari Smartphone atau Laptop"