Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Jaringan Komputer

 Teknovasitg.com-Sahabat tekno yang keren. Sistem Jaringan Komputer, Definisi hingga Komponennya ini merupakan tambahan pengetahuan bagi sahabat seputar komputer dan jaringannya. Selama ini, bagi kita hanyalah komputer yang diketahui dapat membantu pekerjaan kita. Namun, apa sebenarnya komputer itu.

Sumber Gambar Tangkapan Layar: infokomputer.grid.id

Artikel tentang komputer, dapat pula dibaca di berbagai situs dan web secara daring. Banyak sekali yag membincangkannya. Namun, kali ini admin tekno ingin berbagi apa yang telah dijelaskan dari sumber tulisan ini, yakni web dewaweb.com. 

Pada kesempatan ini kita akan membincang tentang Sistem Jaringan Komputer, Definisi hingga Komponennya. Sehingga, tidak hanya menggunakannya, namun kita sedikit memahminya juga.

Definisi Jaringan Komputer (JK)

Jaringan (net) komputer merupakan komputer yang terhubung dengan komputer lainnya dalam rangka berbagi data yang ada atau dimiliki. Dalam hal ini, berarti terdapat hybrid dari konfigurasi hardware dan software. Sehingga sistem jaringan itu bisa bekerja maksimal.

Dalam bahasa tekno komputer, dalam suatu jaringan swicth maupun router menggunakan algoritma dan protokol. Tujuannya adalah agar bisa saling memberikan informasi. Juga untuk membawa data ke satu tempat penyimpanan akhir yang diinginkan. Bisa meliputi: komputer pribadi, server, dan perangkat hardware lainnya. Koneksi yang bisa dilakukan, bisa dengan kabel atau wireless.

Dalam penerapannya, kedua cara koneksi ini memiliki kebutuhan berbeda.

Jaringan dengan kabel

Untuk jaringan dengan kabel, yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut. 

cable 

optical fiber

Jaringan wireless

Untuk jaringan wireless, dapat menghubungkan ke titik akhir berupa: radio HP, microwave dan satelit.

Ragam Jaringan Kompter

Cara Menghubungan Printer Wireless  👇👇👇

Jaringan komputer harus dilengkapi dengan beberapa perangkat, yaitu:

LAN: Local Area Network merupakan perangkat untuk jaringan pendek. Misalnya di sekolah atau perkantoran. Dalam hal ini, bisa berupa ethernet maupun jaringan dari wifi (WLAN).

MAN: Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang terhubung antarbeberapa koputer dalam satu wilayah tertentu. Sehingga, MAN memiliki skala lebih besar daripada LAN.

WAN: Wide Area Network merupakan kumpulan dari LAN. Dan tersebar secara geografis. Router menghubungkan LAN ke WAN.

PAN: Pearson Area Network merupakan jaringan komputer mencakup wilayah lebih kecil. Misalnya rumah atau kantor.

CAN: Campus Area Network merupakan jaringan komputer yang mirip dengan jaringan komputer MAN. CAN ini diterapkan di universitas atau campus.

Inernet: merupakan jaringan komputer terbesar yang mendunia. Ini adalah jaringan terbesar yang mencakup perangkat luar: Personal Computer, Laptop, Server, Tab, TV, CCTV, dan sebagainya.

VPN: Virtual Private Network, merupakan jalan keluar untuk menghubungkan dengan internet dengan aman.

Post a Comment for "Sistem Jaringan Komputer"