Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tip atau Cara Merawat Laptop dan Komputer dengan Baik

Sahabat tekno, apakah para sahabat selalu menggunakan laptop atau komputer dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari? Jika iya, maka perlu memerhatikan penggunaan, perawatan dan atau pemeliharaan perangkat elektronik ini dengan baik. Sebab, laptop atau komputer rentan terhadap masalah. Baik softwarenya maupun hardwarenya.


Software sebagai perangkat lunak, kadang mengalami trouble atau masalah yang dapat menyebabkan laptop kita hang atau ngadat. Sehingga perlu perbaikan, instalasi ulang dan sebagainya. Hardware sebagai perangkat keras laptop atau komputer juga memerlukan perawatan dan atau perbaikan jika terdapat masalah yang terjadi. Untuk perangkat keras, bisa mengganti komponen yang rusak pada pakar atau yang ahli di bidang perbaikan komputer.

Nah, kali ini admin teknovasi ingin berbagi Tip atau Cara Merawat Laptop dan Komputer dengan Baik. Meskipun para sahabat telah banyak mengetahuinya atau telah disajikan dari berbagai sumber, maka tidak mengurangi waktu kita, untuk memami kembali tentang Tip atau Cara Merawat Laptop dan Komputer dengan Baik ini.

Perawatan Perangkat Lunak (Sofware)

Perangkat lunak atau software merupakan perangkat penting dalam menjalankan fungsi komputer atau laptop. Tanpa software, maka laptop tidak ada artinya. Sebab, tidak bisa difungsikan secara operasional. Maka, secara perangkat lunak, sangat penting untuk mendapatkan perawatan dengan cara tepat.

Operating System

Salah satu yang prinsip dalam operasional laptop adalam software OS. Sehingga, perlu menggunakan operatign system yang relevan. Artinya, perangkat software harus sesuai dengan kapasitas perangkat hardware laptopnya. Jika telah sesuai, maka laptop dapat difungsikan dengan baik dan lancar.

Aplikasi atau Program

Selanjutnya, program aplikasi yang diinstall di laptop kita juga harus sesuai dengan kapasitas hardwarenya. Artinya, jangan sampai aplikasi yang tidak dibutuhkam dapat mengganggu kinerja laptop itu sendiri. Maka, hapus saja aplikasi yang tidak digunakan atau dibutuhkan.

Antivirus Ter-update

Gunakan antivirus yang sesuai dan update. Namun demikian, antivirus juga dapat menyebabkan lambatnya kinerja laptop. Sehingga, pilihlah yang palin sesuai. Laptop dengan beban kinerja berat, dapat mengakibatkan sering hang. Atau bahkan mati sebelum shutdown. Tentu saja, jika hal ini sering terjadi, akan berdampak pada usia laptop, terutama harddisk.

Deffrag harddisk

Harddisk perlu dilakukan perawatan dengan deffrag. Sehingga jika dilakukan secara periodik atau berkala, maka kinerja laptop akan stabil. Oleh karena itu, penting untuk merawat hard disk ini.

Bersihkan Cache

Satu lagi agar kinerja laptop menjadi baik. Bersihkan cache secara berkala. Sebab, penumpukan sampah dapat menyebabkan komputer menjadi lemot.

Sistem Jaringan Komputer  👇👇👇

Perawatan Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras atau hardware juga menjadi perangkat penting dalam menjalankan fungsi komputer atau laptop. Seharusnya, secara periodek perangkat keras ini, sangat penting untuk mendapatkan perawatan dengan cara tepat.

  1. Bersihkan Debu yang menempel
  2. Kipas tambahan
  3. Pengecekap kerapatan atau posisi sekrup agar tidak longgar
  4. Stabilisator tegangan listrik
  5. Ventilasi yang cukup
  6. Tidak ditumpuk oleh benda bermagnet

Maka, keseimbangan dalam menjaga kestabilan perangkat lunak dan keras menjadi penting agar komputer kita menjadi awet serta dapat berfungsi dengan baik.

Aplikasi Rekam Layar Laptop/ Komputer  👇👇👇

2 comments for "Tip atau Cara Merawat Laptop dan Komputer dengan Baik"