Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Praktis Membuat Batik Jumputan dengan Alat dan Bahan Sederhana

Keluarga kita yang hebat. Seperti kita ketahui, bahwa Negara kita adalah negara yang besar. Memiliki sangat banyak suku bangsa. Juga memiliki ragam budaya, adat istiadat dan kekayaan alam melimpah. Negara kita adalah negara maritim. Negara yang terdiri dari beribu pulau. Tentu saja di dalamnya memiliki keunikan yang sangat banyak.

Negara kita juga negara agraris. Negara yang memiliki area pertanian dan perkebunan yang luas. Sehingga menghasilkan produk pertanian yang sangat banyak. Tentu saja juga untuk mencukupi kebutuhan hidup dalam negeri.

Salah satu keberagaman di negara kita adalah bahasa daerah, rumah adat, adat istiadat, upacara adat, pakaian adat, dan sebagainya, Sehingga Negara kita benar-benar kaya. Miniatur Indonesia, dapat kita jumpai di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Batik, sebagai salah satu corak pakaian dari Indonesia pun, dapat dijumpai secara beragam. Bisa bermacam-macam pola dan motif dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya, batik dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimatan, Bali dan sebagainya.

Cara membuat batik juga beragam. Nah, seperti yang diajarkan di sekolah dasar, membuat batik yang mudah itu dengan teknik jumputan. Sehingga nama batik ini disebut dengan batik jumptutan. Sebenarnya batik jumputan itu merupakan batik yang dikerjakan melalui cara unk, yaitu diikat dan dicelup. Kain batik tersebut diikat dengan tali dan dicelup dengan warna. Caranya selain ditali, bisa juga dijahit sementara.

Nah, sedangkan motifnya, bergantung cara mengikatnya pada kain tersebut. Sehingga kadang memang berbentuk batik abstak. Penasaran? Yuk praktik mencobanya.

Siapkan alat dan bahannya

Pilih kain katun saja

Karet untuk mengikat

Batu kecil, uang logam, kelereng dan sejenisnya

Plastik

Garam,cuka

Pewarna kain

Wadah atau panci dan sejenisnya

Spatula

Bagaimana cara membuatnya? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Ambil kain putih polos. 

Kira-kiralah motifnya

Bungkuskan kain yang mau diwarnai pada kelereng atau batu kecil.

Tutup dengan plastik, bagian yang tidak ingin diwarnai itu

Larutkan pewarna kain, garam atau cuka pada air mendidih. Gunakan pewarna wantex. Aduk dengan spatula agar larutan terus bercampur.

Celupkan kain yang sudah diikat tadi selamat kurang lebih 3-5 menit.

Tiriskan kainnya. Hingga tak menetes air lagi.

Jemurlah

Kain sudah jadi.

 Untuk lebiih jelasnya, Tonton Video Tutorialnya di bawah ini. Jangan lupa subscribe, like and share.


Untuk informasi lainnya, dapat dinaca juga:


Semoga Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari. Salam Tekno.
Nah, demikianlah apa yang dapat disampaikan oleh admin keluarga kita. Semoga kita senantiasa sehat selalu. Salam bahagia.Demikianlah yang dapat kami bagikan. Selamat mencoba. Salam sehat.

3 comments for "Cara Praktis Membuat Batik Jumputan dengan Alat dan Bahan Sederhana"