Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sehat Membuat Tempe Kedelai Proses Rumahan Hasil Jutaan

Salam tekno. Cara Sehat Membuat Tempe Kedelai Proses Rumahan Hasil Jutaan. Sahabat tekno, teknologi tepat guna merupakan teknologi sederhana yang bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Termasuk orang rumahan atau diproses di rumah kita dengan peralatan yang sederhana.


Namun, perlu diketahui bahwa kadang makanan yang diproses di rumah kita, justru lebih sehat daripada makanan yang kita jumpai di jalanan. Mulai dari pembuatan, proses dan penyajian rumahan, kita bisa mengontrolnya sendiri. Oleh karena itu, kita bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas, sehat dan mudah diperoleh. 

Kemudian, dari aspek proses pembuatannya, kita juga bisa membuatnya sendiri. Juga bisa mempelajari resep dari buku, youtube maupun web. Tetapi, kita lebih asyik juga apabila bisa memasaknya sendiri. Terutama makanan untuk keluarga. Bisa juga untuk usaha, menghasilkan uang.


Mengapa Tempe Baik Dikonsumsi?

Dibaca dari berbagai sumber, ternyata tempe memiliki kandungan mineral, misalnya sebagai berikut:

Vitamin A

Vitamin B6

Fosfor

Asam folat

Kalsium

Zat besi

Magnesium


Cara Sehat Membuat Tempe Kedelai Proses Rumahan Hasil Jutaan

Bahan-bahan:

1 Kg Kedelai

1 sdt ragi tempe

Daun Pisang atau plastik organic secukupnya

lidi atau tusuk gigi


Langkah-langkah Membuat Tempe Kedelai Proses Rumahan Hasil Jutaan

Untuk membuat tempe rumahan, kita perlu memerhatikan cara yagn baik, Tujuannya, agar diperoleh produk tempe yang sehat. Lakukan tahapannya sebagai berikut.

  • Sahabat harus terlebih dahulu merendam kedelai. Siapkan wadah yang cukup dan diisi air secukupnya. Pertimbangkan jumlah atau berat kedelai dengan jumlah air. Ukurannya, untuk volume kedelai dengan air, 1 banding 3 (1 : 3) dalam wadah itu.
  • Setelah direndam selama 12 jam (1 malam), silakan pisahkan kedelai yang rusak, tidak bagus, dan busuk. Perhatikan kedelai yang menghitam, tanpa isi, mengapung dan kondisi lainnya yang memungkinkan kedelai itu tidak sehat. Disarankan membeli kedelai dari petani atau toko atau penyedia dengan kualitas terbaik.
  • Tiriskan kedelai hingga bersih. Bisa dilakukan beberapa kali . Kemudian, rebuslah kedelai tersebut dalam panci yang cukup, satu jam. Lalu tiriskan kembali, angkat dari air rebusan.
  • Selanjutnya, lakukan pemisahan kedelai dari kulir arinya menggunakan air yang mengalir. Air mengalir dapat membantu proses pemisahan kulit air lebih cepat dan bersih. 
  • Lakukan perendaman kembali selama dua hari atau 28 jam. Jangan lupa bahwa pada proses ini supaya dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai ada benda lain, kotoran atau debu yang masuk.
  • Selanjutnya, tiris dan bilas kembali kedelai itu dengan air yang mengalir. Kukuslah dengan tepat dalam dandang. Tunggu hingga matang. Membutuhkan waktu sekitar 40 menit-50 menit. 
  • Tiriskan kembali hingga kering di atas "gaddang" (nampan). Kipas perlahan agar cepat menguap. Diamkan hingga mengering di atas nampan.
  • Berikutnya barulah ditaburi ragi tempe. Aduklah hingga rata. Bisa menambahkan penyedap rasa alamiah, bumbu jamur yang sehat.
  • Lalu, bungkuslah tempe menggunakan daun pisang. Silakan sesuaikan dengan selera sahabat semuanya.
  • Tahap akhir, segera simpan tempe tersebut di dalam ruangan yang bersih. Pastikan ruangan aman dari hama rumahan. Tempe sudah selesai dibuat, dan dipasarkan maupun dikomsumsi.


Demikian tentang Cara Sehat Membuat Tempe Kedelai Proses Rumahan Hasil Jutaan. Semoga Bermanfaat. Salam Tekno.

2 comments for "Cara Sehat Membuat Tempe Kedelai Proses Rumahan Hasil Jutaan"