Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Finishing Potong Rambut dengan Tepat

Sahabat tekno yang luar biasa. Pernahkah kita potong rambut. Lalu, bagaimana kira-kira seorang pemotong rambut melakukan pangkas rambut dengan baik dan benar. Artinya sesuai dengan harapan kita?


Baik itu dilakukan oleh profeional di babershop maupun pemotong rambut pada umumnya. Nah, seperti pengalaman kita saat potong rambut, biasanya kita akan duduk di kursi menghadap cermin.

Kemudian, tukang potong rambut akan menyelimuti kita dengan selembar kain khusus. Lalu direkatkan di bagian belakang leher kita. Sehingga, tidak ada potongan rambut yang mengenai atau masuk dalam baju kita. Sebab, rambut yang terpotong halus itu, biasa menyebabkan gatal apabila menyentuh dengan kulita kita.

Selanjutnya, pemotong rambut akan memangkas bagian bawah rambut kita dengan mesin pemotong. Tentu saja, sebelumnya sudah ditanyakan, seberapa tipis bagian bawah rambut kita. Dengan hati-hati, pemotong rambut akan memangkas rambut kita. Biasanya, selain menggunakan mesin cukur listrik, pada tangan kiri memegang sisir, untuk merapikan.

Nah, rambut kita akan ditata sesuai dengan bentuk sisiran rambut itu sendiri. Jika memang disisir ke arah kanan, maka proses pemotongan rambut akan disesuaikan ke arah kanan. Begitu pula sebaliknya.

Kemudian, setelah menggunakan teknologi gunting mesin, pemotong rambut akan merapikan pada bagian atas dengan gunting manual. Selain sisir biasanya, tukang potong rambut juga bisa menggunakan kedua jari sebagai batas guntingan pada rambut. 

Setelah dirasan cukup rapi, maka selanjutnya tahap finishing. Tahap akhir yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Merapikan bagian bawah dengan mesin cukur kecil. 
  2. Merapikan rambut halus sekaligus batas potongan rambut dengan model tertentu dengan silet khusus.
  3. Melihat ulang secara keseluruhan keseimbangan potongan sebelah kiri dan kanan.
  4. Melihat saksama pada bagian belakang bawah.
  5. Melakukan pembersihan dengan sisa rambut terpotong yang menempel di leher.
  6. Membuka selimut atau kain penutup badan.
  7. Memberikan kesempatan pada orang yang dipotong rambut untuk melihat kekurangannya melalui cermin depan dan belakang.
  8. Selesai.

Ini Tutorialnya:


1 comment for "Cara Finishing Potong Rambut dengan Tepat"