Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meracik Kopi Herbal Sendiri, Cek Bahannya di Sekitar Rumah

Salam Tekno-Meracik Kopi Herbal Sendiri, Cek Bahannya di Sekitar Rumah . Meracik Kopi Herbal Sendiri, Cek Bahannya di Sekitar Rumah  ini sebagai informasi penting kepada para sahabat tekno. Memang dengan teknologi modern, kopi dapat dibuat dengan cepat dan skala besar. Namun, juga masih banyak kopi yang dibuat dengan cara tradisional.


Nah, pada umumnya, kopi disukai oleh para sahabat tekno laki-laki. Sebab, biasanya dikonsumsi atau diminum para sahabat yang merokok. Padahal, selain perokok juga banyak yang minum kopi. Kopi memnang memiliki citarasa yang khas. Sehingga, dapat dinikmati di segala waktu. Apalagi musim hujan. Tambah nikmat.

Kopi, tidak saja sebagai minuman yang banyak digemari. Kita juga bisa membuat kopi tradisional yang diolah dengan mudah. Bahkan, di daerah pedesaan, kopi diolah atau diracik oleh ibu-ibu yang sudah peka terhadap berbagai jenis kopi.

Kopi banyak dijumpai di banyak tempat. Misalnya, saat ini sangat banyak sekali angkringan yang menyediakan kopi seduh yang bisa dinikmati di tempat atau cafe itu. Untuk mendapatkan biji kopi juga tidak terlalu sulit. Kita bisa membeli di pasar atau dari langganan kita.

Jangan lupa bahwa kopi juga banyak jenisnya. Kopi yang biasa kita kenal, misalnya kopi jenis robusta dan arabika. Masing-masing tentu memiliki kelebihan masing-masing. Jenis lainnya, juga masih banyak. Terutama di Indonesia ini, banyak sekali menghasilkan kopi. Misalnya, di daerah bondowoso dan di tempat lainnya.

Nah, di daerah pedesaan, di Madura misalnya, khususnya di daerah tempat admin tekno tinggal, kopi dibuat oleh ibu-ibu di rumahan saja.

Campuran dan cara membuat bubuk kopi, sebagai berikut.

Biji kopi pilihan, robusta atau arabica.

Biasanya dicampur sedikit beras jagung atau jahe.

Diolah (Madura: esangngar) hingga berwarna hitam. Pastikan campuran bahannya menyatu.

Kopi siap ditumbuk halus dan diambil serbuknya dengan ayakan.

Kopi siap dinikmati dengan gula secukupnya.


Namun, ada juga yang bisa membuat kopi herbal yang cukup mudah.

Siapkan bahannya:

Biji mengkudu

Kopi robusta

Akar halban

akar larak hutan

Akar teja lawang

Akar tebu gajah 

dan bahan lainnya.

Untuk membuat kopi herbal, harus berkonsultasi dengan pakar herba atau penyuluh kesahatan. Tujuannya agar mendapatkan formula dan khasiat yang maksimal.


Demikian cara meracik kopi herbal pedesaan yang nikmat. Salam tekno tepat guna. Manfaatkan alam sekitar dengan teknologi sederahan. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Meracik Kopi Herbal Sendiri, Cek Bahannya di Sekitar Rumah "