Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi

Salam tekno-Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi. Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi ini tentu saja bukan memberi kesempatan untuk bagi pembaca agar melakukan plagiasi. Sebab, melakukan plagiasi berarti melakukan pelanggaran hak intelektual orang lain. Oleh karena itu, sangat penting dipahami tentang plagiasi dan aturannya. Terutama memplagiasi konten web atau blog untuk diposting ulang di blognya sendiri.



Nah, pertanyaannya, pernahkah kita melakukan plagiasi? Khususnya tulisan ilmiah hingga lebih dari 5% dari total tulisan itu? Berhati-hatilah. 

Memang ada beberapa artikel yang menjelaskan tentang tata cara menyalin atau copy paste teks dari halaman web. Meskipun dikunci seklaipun, tetap bisa saja dibobol. Hanya untuk mengambil teks dari web yang diinginkan. Memang, tujuannya tidak semua untuk memplagiasi. Tetapi, hanya sebagai bacaan yang akan disalin ke format word.

Nah, untuk sahabat tekno yang menjumpai kesulitan untuk menyalin teks dari halaman web, perhatikan cara di bawah ini ya.

Gunakanlah ekstensi browser: Absolute Enable Right Click & Copy

Mematikan fitur Javascript di browser

Mengunjungi versi AMP  from the website

Manfaatkan pesan dialog Print

Copy-Paste dengan fitur Inspect Element

Nah, kelima cara tersebut dapat dicari kembali langkah-langkahnya. Sehingga para sahabat dapat lebih memahami cara membuka kunci teks di setiap halaman web yang dikunjungi. 


Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi

Berbeda dengan artikel yang kita bahas kali ini ya. Jadi pada tulisan ini admin tekno ingin memberikan penjelasan tentang Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi. Artinya, kita tetap mengopy atau menyalin teks dari halaman web (yang bisa disalin), namun dengan cara yang tepat dan benar. Sehingga, plagiasinya tidak ikut tercopy. Apa bisa?

Perhatikan satu hal peristiwa yang pernah kita alami ya. Mungkin juga bagi sebagian besar sahabat juga mengalaminya.

Misalnya, sebagai berikut.

Pernahkah para sahabat tekno menyalin teks dari halaman web, lalu tulisan yang disalin ke word menjadi kocar-kacir, berwarna, font tidak sama, gambar terikut, bergaris bawah, iklan juga masuk serta tampilannya menjadi tak beraturan? Admin ulangi lagi, bahwa apabila para sahabat menyalin tulisan dari halaman web langsung dipastekan atau disalin rekat ke word, yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut.

menjadi kocar-kacir, 

font berwarna, 

ukuran font tidak sama, 

gambar terikut, 

bergaris bawah, 

iklan juga masuk 

tampilannya menjadi tak beraturan

dan tampilan lainnya.


Nah, apabila kita tetap mengedit tulisan yang dicopas langsung ke word, maka kemungkinan besar tulisan kita tetap akan terdeteksi plagiasi. Apalagi masih ada gambar yang digunakan. Maka, hal yang bisa saja menjadi plagiasi adalah kumpulan kata, kalimat, gambar, ikon, dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan cara copy paste yang benar. Sehingga, akan memperkecil kemungkinan terjadinya plagiasi yang tidak kita sadari. Bagaimana caranya? Apakah semua orang bisa melakukannya? Sangat mudah, dan admin yakin semua orang bisa saja melakukannya dengan tepat.


Langkah-Langkah Copy Paste yang Benar Teks di Web Tanpa Plagiasi

Nah, marilah perhatikan cara yang tepat untuk dilakukan para sahabat tekno dalam rangka menyalin tulisan dari internet tanpa plagiasi. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Bukalah web yang diinginkan. Contoh ingin mengopi paste artikel Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Silakan blok artikel yang dibutuhkan. Bisa diblok sebagian atau seluruh halaman artikel.

Bukalah dokumen wordpad atau notepad di layar laptop kita. Bisa klik dan ketik wordpad atau notepad di pencarian di bagian bawah kiri laptop kita.

Paastekan di wordpad atau notepad tersebut. Maka, akan tersalin huruf atau font asli. Jadi gambar, iklan tidak terikut. Font seragam dan rapi.

Simpanlah dengan tekan ctrl+s.

Beri nama file dengan ekstensi .txt atau asli wordpad atau notepad itu.

Nah, sekarang bisa disalin kembali ke word. Sudah jadi nih.


CATATAN: 

Pastikan untuk tidak melakukan Plagiasi. Jangan berhenti di sini prosesnya, sebab pasih terindikasi plagiat. Maka, langkah selanjutnya adalah kita lakukan editing dengan teknik parafrase hingga benar-benar hilang plagiasinya. Lalu, silakan Cek Plagiasi, DI SINI.


Demikian informasi tentang Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi. Semoga bermanfaat. Mengapar Artikel Ini tidak bisa dikopas langsung? Yuk, terus ikuti di web ini.

2 comments for "Cara Copy Paste yang Benar Teks di Web Internet Tanpa Plagiasi"