Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian

Teknopenaku-Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian merupakan informasi yang penting bagi para sahabat yang selalu bekerja dengan komputer atau laptop. Apalagi sahabat yang menjadi guru, penulis, pegawai kantor dan sebagainya. Tentu saja sangat penting jika mengalami keyboard yang hang. Tidak berfungsi sebagian.

Oleh karena itu, perlu memahami Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian agar dapat keluar dari masalah yang dihadapi. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang direkomendasikan agar bisa dipraktikkan dengan mudah.

Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian

Beberapa cara yang mudah dan cukup jitu untuk Mengembalikan Fungsi Keyboard atau memperbaiki keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian, adalah sebagai berikut.

1. Cek Konektor Keyboard

Hal pertama yang harus diperiksa adalah ketersambungan keyboard dengan laptop atau komputer. Segera cek konektor pada keyboard. Apakah tersambung ataukah belum. Lalu, pastikan konektor tersebut dalam keadaan baik. Tidak rusak.

Sebab, jika rusak, maka tidak bisa terhubung dengan komputer atau laptop kita. Konektor tersebut dapat tidak terpasang secara fisik yang dapat kita lihat. Yakni tersambungnya keyboard dengan laptop melalu USB.

Kemudian, konektor papan tik yang bermasalah: tertekuk, rusak, terlepas, atau renggang, juga menyebabkan tidak tersambung.  Untuk memperbaikinya, cobalah membuka papan tik tersebut dan coba menghubungkan kembali konektornya. Kemudian, sebagai referensi, dapat menonton video tutorialnya di YouTube. 

2. Lakukan Restart

Jika menjumpai keyboard tidak berfungsi sebagian, cobalah melakukan restart. Nah, restart laptop atau komputer seringkali menjadi solusi berbagai masalah. Khususnya pada masalah koneksi keyboard ini.

Lakukanlah restart melalui “Start Menu”. Namun, jika belum bisa, kita bisa menekan tombol daya pada laptop selama beberapa saat. Tunggu jingga perangkat tersebut off/ mati. 

3. Melakukan System Restore

Cara lainnya adalah dengan melakukan system restore. Untuk user Windows 7 dan Windows 8 dapat melakukannya dengan tepat. Caranya adalah  membuka “Start Menu”, lalu cari “Recovery” pada kolom pencarian/  search. 

Menu “System Restore” ini akan menjadikan kondisi laptop atau komputer kembali pada keadaan awal. Yakni, sebelum dilakukan instalasi suatu program yang menyebabkan masalah. Maka dengan otomatis, program yang baru diinstall dan bermasalah akan hilang. Backup semua data penting sebelum melakukan cara ini.

4. Periksa Driver Keyboard

Terjadinya masalah pada driver, dapat menyebabkan gangguna pada keyboard laptop. Yakni, keyboard tidak berfungsi sebagian, atau seluruhnya. Bisa saja karean adanya serangan virus yang merajalela.

Segera lakukan pengecekan dengan cara sebagai berikut:

Buka “Device Manager” melalui “Start Menu”

Ketik “device manager” pada kolom search/  pencarian.

Setelah masuk ke “Device Manager”, lihat dengan saksama pada bagian “Keyboards”.Jika ada tanda segitiga berwarna kuning, kemungkinan bahwa driver keyboard mengalami masalah.

Jika benar-benar bermasalah, maka atasi dengan mengunduh driver terbaru untuk keyboard tersebut. Unduh pada situs resmi produsen laptopnya. Segera cari driver yang cocok dan pilih menu driver dan klik “Update Driver” sebagai pilihan untuk mengatasinya.

5. Cek Fungsi Numlock

Keyboard tidak berfungsi sebagian, juga karena hal yang remeh. Misalnya tombol num lock yang off.  Jika tombol num lock tidak aktif, maka secara otomatif fungsi key board angka-angka juga tidak akan aktif. Bahkan, dapat muncul beragam karakter yang berbeda dari angka yang kita ketik.

Untuk mengaktifkan tombol num lock silakan segera menekan tombol Num Lock. Letaknnya di sekitar  tombol angka. Juga bisa menekan tombol Fn bersamaan dengan NumLk / NumLock untuk mengaktifkan dan atau mematikan fungsi tersebut.

6. Cobalah Membersihkan Debu di Keyboard

Apabila keyboard laptop atau komputer tidak dapat berfungsi untuk mengetik huruf atau karakter tertentu, bisa jadi pada bagian bawah dari tombol-tombol tersebut penuh dengan debu atau kotoran. Debu dan atau kotoran seringkali menyebabkan laptop rusak, terutama fungsi keyboardnya.

Pada umumnya, debu tersebut menempel dan terselip di antara tombol-tombol papan tik. Sehingga dapat menutupi komponen yang ada di dalamnya. Makin lama jangka waktu pemakaian laptop, maka makin banyak kotoran yang  menempel.

Bersihkan debu pada laptop atau komputer kita secara berkala. Cara mudah membersihkan keyboard itu adalah dengan upaya membalikkan atau memiringkannya 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Sampai debu tersebut terlepas dari dalam komputer. Jika tidak bisa melakukannya, sebaiknya dibersihkan oleh orang yang ahli hardware komputer atau laptop.

https://www.neotekno.com/


Demikian tentang Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian. Semoga Bermanfaat. Salam Tekno.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop/ Komputer yang Tidak Berfungsi Sebagian"