Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Lengkap: Membuat Channel Youtube dari HP Khusus Bagi Pemula

Sahabat tekno-Pada kesempatan ini, admin tekno ingin berbagi tip mudah atau tutorial tentang cara membuat channel youtube baru. Yakni, channel youtube yang diproses dari HP. 
Tutorial ini sengaja disajikan agar para sahabat dapat memanfaatkan media sosial youtube untuk berbagi. Apalagi bagi guru, bisa dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis IT. Video pembelajaran yang dibuat oleh guru dapat ditonton kapan saja dan oleh siapa saja. Termasuk muridnya. 

Demikian juga bagi sahabat tekno yang memiliki profesi atau pekerjaan laiinnya. Maka, bisa mengunggah aktivitasnya. Kemudian, bisa jadi apa yang diunggah di youtube akan bermanfaat bagi orang lain.

Saat ini, telah banyak orang yang memanfaatkan media youtube untuk berbagi. Entah untuk tujuan pembelajaran, berbagi, promosi, sosialisasi, maupun untuk tujuan komersial dan bisnis. Hal ini bergantung keinginan, kemampuan, dan konsentrasi para sahabat.

Namun demikian, masih saja cukup sulit untuk membuat channel baru. Khususnya bagi sahabat yang masih belum familiar dengan youtube. Bagi pemula, memang penuh dengan tantangan. Apalagi, sebelumnya memang belum pernah memeroleh pengetahuan dan skill dalam bidang teknologi digital. Juga, apalagi jika hanya mengandalkan gawai atau handphone. Misalnya, kita belum memiliki komputer dan laptop.

Tetapi, janganlah khawatir. Bahwa admin tekno akan berbagi cara membuat channel youtube yang cukup baik. Baik untuk membangun channel sekolah, komunitas maupun pribadi. 

Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan disajikan langkah-langkah praktis dan mudah dalam membuat channel youtube. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut.

Pertama, pastikan memiliki akun google. Jika belum, bisa membuat akun google dari gmail. Para sahabat siapkan email g-mail untuk membuat akun googlenya. Akun google ini juga terintegrasi dengan drive googlenya.

Kedua, masuk saja pada laman internet. Klik youtube.com.

Ketiga, pada menu sebelah kiri, klik video anda.

Keempat, silakan klik Buat Channel.

Kelima, Channel sudah selesai dibuat.

Selanjutnya, bagaimana cara mengunggah video ke youtube dari HP?

Pertama, cari video di galery. Video yang sudah dibuat. Jika ingin menggunakan variasi, kreasi dan editing, maka harus menggunakan aplikasi lain untuk proses editing video.

Kedua, Klik kanan file video. Lalu, klik tanda tombol berbagi.

Ketiga, Bagilah video tersebut dengan klik gambar atau icon youtube.

Keempat, berilah judul video tersebut pada laman youtube.

Kelima, tulislah deskripsinya pada kolom deskripsi.

Keenam, lakukan seting pada menu tampilan video, khusus anak-anak ataukah dibuat tidak untuk anak-anak.

Ketujuh, klik tombol berikutnya dan Upload.

Kedelapan, tunggu hingga proses selesai. Lalu, tonton videonya dan silakan berbagi link video di youtubenya. Selesai.

Jika memang terlihat sulit, sebaiknya para sahabat menonton Tutorial Lengkap: Membuat Channel Youtube dari HP Khusus Bagi Pemula, berikut ini:





Post a Comment for "Tutorial Lengkap: Membuat Channel Youtube dari HP Khusus Bagi Pemula"