Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah dan Praktis Tangkapan Layar (Screenshot) dari Laptop

Sahabat tekno yang hebat, kali ini admin akan menyajikan 5+ Cara Mudah dan Praktis Tangkapan Layar (Screenshot) dari Laptop atau komputer. Khususnya laptop dengan Windows 10. Cara Mudah dan Praktis Tangkapan Layar (Screenshot) dari Laptop di sini, menggunakan tombol kunci yang ada pada keyboard saja. 

Sebagai contoh, yang paling umum menggunakan tombol Print Screen (PrtScr). Pada laptop atau komputer dengan windows berbeda, divariasikan dengan tombol lainnya. Marilah perhatikan saksama cara melakukan tangkapan layar dari laptop dengan mudah dari laptop W10 di bawah ini.

Cara Mudah dan Praktis Tangkapan Layar (Screenshot) dari Laptop


1. Klik Tombol PrtSc

Ini cara paling praktis dan mudah.Untuk laptop dengan Windows 10 cukup menekan atau mengklik tombol PrtSc di keyboard. Setelah itu, hasil tangkapan layar (screenshot) akan tersimpan otomatis di clipboard. 

Maka, kita langusng rekat atau pastekan di word. Bisa paste menggunakan tombol CTRL + V secara bersamaan atau dengan tetikus mencari tombol paste.


2. Tekan Windows Key + PrtSc

Cara berikutnya juga mudah. Kita cukup menekan tombol Windows + PrtSc untuk melakukan screenshoot atau tangkapan pada layar lapttop. Bagaimana hasilnya? Atau kombinasinya? Kita bisa mengombinasikan tombol Fn + Windows + PrtSc juga. 

Hasil tangkapan layar atau sreenshoot berupa gambar tangkapan layar akan tersimpan di folder Picture. Dalam folder picture akan muncul sub folder Screenshot sebagai tempat penyimpanan hasil tangkapan layar tersebut.


3. Tekan Tombol Alt + PrtSc

Cara ini juga mudah dan praktis, yaitu tekant Alt + PrtSc. Dengan cara ini, kita akan melakukan screenshot layar, yakni layar yang sedang aktif saja. Artinya layar yang terbuka dan sedang digunakan saja. Entah kita sedang mengaktifkan video pada layar laptop, maka yang aktif saja yang tertangkap layar.

Hasilnya? Maka, hasil tangkapan layar akan tersimpan dalam clipboard. Kita perlu membuka halaman aplikai Paint  untuk menyalin dan mengedit hasil gambar tangkapan layar tersebut. Selanjutnya dapat disave di tempat yang kita kehendaki.


4. Tekan Windows Key + Shift + S

Cara mudah selanjutnya adalah dengan menekan tombol Windows +Shift +S secara bersamaan. Selanjutnya, kita akan dibawa ke aplikasi bawaan Windows, yaitu Snip & Sketch. Nah, ketika kita menekan tombol tersebut, maka layar laptop akan meredup. Sehingga petunjuk mouse akan berubah.

Kemudian, kita bisa memilih dan menentukan area layar yang akan discreenshot. Kelebihannya, kita akan menangkap layar sesuai dengan keinginan kita. Kita juga bisa mengedit di aplikasi Snip & Sketch. Lalu, kita dapat menyimpan hasil editan di tempat yang dikehendaki dengan menekan tombol save di bagian aplikasi itu.


Beberapa aplikasi lain yang bisa digunakan dapat diambil dari penyedia aplikasi, seperti palystore. Antara lain, sebagai berikut.

PhotoScape;

ShareX;

GreenShot, dll.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/ (18 January 2022)

Nah, para sahabat tekno, dengan demikian kita telah dapat menentukan untuk menentukan cara yang mana untuk melakukan tangkapan layar. Saran admin, gunakan yang paling mudah dan familiar. Sebab, dengan memilih yang mudah, maka pekerjaan kita akan semakin cepat selesai.

Demikianlah yang bisa disajikan, semoga bisa dipraktikkan dan memberikan manfaat. 


Dan untuk informasi lainnya, dapat dibaca juga:



Mengatasi Laptop Lemot dan Berat

Aplikasi Rekam Layar di Laptop, Terbaik

Cara Efektif Membersihkan Cache di Laptop

Demikian tentang Cara Mudah dan Praktis Tangkapan Layar (Screenshot) dari Laptop . Semoga Bermanfaat. Salam Tekno.

2 comments for "Cara Mudah dan Praktis Tangkapan Layar (Screenshot) dari Laptop "