Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Pernahkah HP kita masuk pada kubangan air? Atau kalau di rumah mungkin basah karena masuk pada ember yang berisi air. Bisa juga karena kehujanan, HP lupa diletakkan di tempat yang aman. Bisa jadi karena apa saja lalu menyebabkan HP kita basah dan kemasukan air. Pernahkah?

Bagaimana ketika air membasahi HP kita? Apa yang harus kita lakukan? Bagaimana caranya?


Nah, sebelum menyajikan cara mudah dalam mengatasi HP yang terkena air, admin mengingatkan untuk berhati-hati dalam menjaga HP kita. Jangan sampai tekena atau kemasukan air. Sehingga dapat menyebabkan terjadi beberapa masalah serius. Sebab, HP adalah perangkat elektronik yang cukup rentan dengan kondisi basah. Apalagi hingga membasahi bagian dalam HP.

Perlu diketahui bahwa ketika HP kita terkena basah atau terbasahi oleh air, maka kemungkingan yang terjadi adalah korosi atau perkaratan pada beberapa bagian penting di dalam HP. Misalnya dapat bermasalah pada sirkuit, kumparan, resistor, mikrophone, dan bagian lainnya. Sehingga, sebaiknya haruslah berhati-hati.

Namun demikian, jika sudah terjadi, maka mau tidak mau harus dihadapi dan harus menerima kenyataan bahwa HP kita sudah basah. Tetapi, kita harus mengetahui langkah awal yang perlu kita lakukan. Setidaknya, dengan apa yang kita lakukan dapat mengurangi atau bahkan mencegah terjadinya kerusakan yang berlebih.

Selanjutnya, hal tindakan yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Segera Matikan Daya HP
  2. Secepatnya Keringkan HP
  3. Bersihkan Bagian HP
  4. HP coba digunakan kembali

Secara rinci, sebagai berikut.

  1. Segera Matikan Daya HP. Tombol HP segera Offkan. Untuk menghindari konsleting yang dapat membuat HP mati atau mati total. Selain itu, agar air juga tidak banyak menyebar ke bagian HP, janganlah menekan tombol apapun. Sebab, menekan tombol atau membuka pada bagian tertentu dalam keadaan basah, akan menyebabkan peluang air membasahi bagian lain lebih besar.
  2. Secepatnya Keringkan HP. Setelah mengetahui HP kita terkena basah dan telah mematikan ponsel, selanjutnya segera keringkan ponsel kita. Caranya? bisa dengan dijemur pada sinar matahari beberapa jam selama beberapa hari. Bisa juga menggunakan oven yang aman dengan suhu terukur. Secara konvensional, bisa dimasukkan ke dalam beras dalam karung agar kelembaban HP terserap.
  3. Bersihkan Bagian HP. Kemudian, bersihkan bagian HP. Jika bisa dibuka pada bagian baterai eksternal, bisa dibersihkan menggunakan kain lembut atau bahan lain yang bisa menyeka kotoran atau korosi ringan. Bersihkan pada bagian yang memungkinkan dibersihkan.
  4. HP coba digunakan kembali. Setelah proses tersebut di atas selesai, silakan HP dicoba untuk dinyalakan kembali.

Catatan:

  1. Jangan terburu-buru untuk menyalakan HP saat masih basah
  2. Jangan terburu-buru saat HP masih proses pengeringan
  3. Bila proses di atas telah dilakukan dan masih bermasalah, bisa menghubungi servis gawai untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Apabila air sampai membasahi speaker, maka ketika dengan cara di atas masih ada gangguan, dapat menggunakan aplikasi sonic, speker cleaner dan aplikasi lainnya. Untuk aplikasi tersebut bisa mencari informasi lanjutan.

Untuk infotekno lainnya, dapat dibaca juga:


Semoga Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari. Salam Tekno.

 Demikian informasi yang dapat disajikan. Semoga bermanfaat.


1 comment for "Cara Mudah Mengatasi HP yang Kemasukan Air"