Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer

Sahabat teknotepatguna yang berbahagia, sebenarnya persoalan sederhana ketika laptop dan atau komputer kita ngadat. Laman web yang kita kunjungi tidak segera terbuka. Bahkan, muncul 404 yang kadang sering merisaukan. 

Tetapi, tenang saja, itu bukanlah masalah yang rumit. Bukan masalah pda perangkat laptopnya. Di sini, admin teknotg akan berbagi Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer. Cara praktis ini dalam membersihkan sampah atau cache berdasarkan pengalaman dan riset pustaka pribadi. Sehingga, manfaatnya juga bisa dirasakan para pembca semua.

Memang, dunia teknologi digital, tidak bisa kita hindarkan lagi. Semua sudah serba online. Memiliki HP dan laptop sepertinya sudah keharusan. Apalagi bagi sahabat yang berprofesi tertentu. Wajib memilikinya. Namun, juga perlu tahu cara memeliharanya, termasuk membersihkan cache dari laptopnya.

Secara umum, setiap komputer atau laptop memiliki ruang penyimpanan memori. Nah, ruang ini juga diisi oleh cache tanpa kita minta. Bahkan tanpa sepengetahuan kita. Oleh karena kita tidak mengetahuianya, maka file sampah cache ini menjadi menumpuk dalam ruang memori laptop tersebut. Selanjutnya, tentu saja membuat laptop kita terasa berat membuka file lain, atau bahkan bisa hang.

Laptop yang terindikasi cache yang bertumpuk akan mengakibatkan laptop bekerja tidak maksimal, lemot. Pada saat itulah, kita tidak akan nyaman, tidak maksimal bekerja dengan laptop kita. Sehingga kita wajib membersihkannya.

Bagaimana Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer kita?

 Sebelumnya, marilah kita pahami dulu tentang cache tersebut. 

Apar arti dari cache itu sebenarnya?

Cache adalah data yang timbul sementara saja. Data ini dihasilkan dari suatu aplikasi. Cache ini menjadikan kita tidak perlu mendownload data bawaan dari suatu aplikasi yang diunduh atau yang ada pada laptop kita. Misalnya, kita sedang melalukan browsing. Maka, browser itu menghasilkan cache. Ragam bentuknya yang menumpuki ruang memaori misalnya, thumnail cache, restore, DNS dan sebagainya. Jika laptop dengan windows tertentu sering minta up date, maka juga akan menghasilkan cache.  Oleh karena itu, jika tidak segera dibersihkan, maka akan membebani kinerja laptop kita.

Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer

Sebagaimana yang dipaparkan GIG by Indosat bahwa untuk menghapus cache di laptop, perlu melakukannya 2 cara:

A. Membersihkan cache di alptop windows OS, dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tekanlah tombol Windows+R bersamaan pada keyboard. Arahkan pada jendela run. Masukkan "temp" pada comment box yang tersedia, kemudian klik tombol enter. Kemudian, kita kan melihat folder dan file yang berada di sana, itulah cache. Kemudian, tekanlah kembali tombol CTRL + A sekaligus, dan delete all untuk membersihkan cahce di laptop kita.
  2. Kemudian, lakukan seperti langkah pertama. Bedanya, pada isian comment box. Isilah comment box dengan "%temp%". Kemudian cara selanjutnya persis sepreti langkah yang pertama.
  3. Carilah folder recycle bin pada laptop kita. Lalu, klik kanan serta kosongkan recycle bin untuk melakukan tahapan pembersihan disk.

B. Menghapus atau membersihkan cache di Mac OS

Hapuslah cache melalui mac finder. Setelah berhasil masuk pada mac finder, klik fitur menu Go di bagian tampilan bar menu. Akan tampak terlihat menu drop down. Lalu klik pilih Go To Folder. Pada comment box itulah, kita masukkan "~library" dan klik Go. 

Setelah melihat banyak folder, cari folder cache dan pindahkan ke folder trash. Kosongkan. Bisa juga pilih empty trash. Selesai.


Semoga Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari. Salam Tekno.

11 comments for "Cara Membersihkan Cache di Laptop dan Komputer"