Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UNDUH 7+ Aplikasi Scanner Gratis dan Cepat dari HP untuk Berbagai Dokumen

 

Sahabat tekno, di manapun berada. Admin akan membagikan 7+ Aplikasi Scanner Gratis dan Cepat dari HP untuk Berbagai Dokumen. Seperti diketahui bahwa pada era digital ini, banyak pekerjaan kita yang dipermudah. Apalagi bagi sahabat yang bekerja di kantoran maupun pendidik. Selalu saja membutuhkan dokumen penting untuk disimpan. Sewaktu-waktu pasti dibutuhkan lagi. Entah untuk kenaikan jenjang, pangkat, jabata, gaji, bonus dan untuk kepentingan lainnya.

Kalau dulu, mungkin sangat disibukkan dengan dokumen kertas-kertas yang difoto kopi sebagai berkas. Nah, sekarang di zaman paperless ini, penting untuk mengetahui cara menyimpan berkas secara digital. Baik berkas yang dibutuhkan secara rutin setiap waktu, maupun berkas sebagai dokumen berharga lainnya.

Beberapa dokumen berharga yang dapat disimpan dalam bentuk digital, misalnya sebagai berikut:

Ijazah

Sertifikat

KTP
Kartu Pajak

Kartu Pelanggan Listrik

Sertifikat vaksin

SK

SE

Jadwal

Kalender akademik

Piagam

Serta dokumen lainnya.

 

Nah, bagaimana cara menyimpannya dalam bentuk paperless? Sebaiknya discan dulu sebelum disimpan dalam bentuk digital. Setelah discan, bisa disampan dalam bentuk PDF maupun JPG.

Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan scanning dengan mudah dan gratis dari gawai atau HP kita?

Janganlah khawatir. Sekarang telah banyak aplikasi scanner yang bisa diunduh dan digunakan oleh kita semua. Bahkan, aplikasi tersebut bisa didapatkan sewaktu dibutuhkan. Sebab, secara mudah dapat diunduh di HP kita melalui play store. Maka, dengan segera kita dapat menginstallnya. Mudah sekali.

Kemudian, izinkan admin untuk berbagi tentang aplikasi yang dapat digunakan di smartphone atau gawai kita untuk melakukan scanning, yaitu sebagai berikut.

 

Cam Scanner

Sepertinya, aplikasi Cam Scanner sudah tidak asing lagi. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pemindaian dokumen yang sering digunakan. Aplikasi pemindaian dokumen ini pada ponsel, memiliki ukuran yang relative kecil. Ukurannya sekitar sekitar 37MB. Namun, aplikasi ini memiliki fitur cukup bagus dan lengkap. Misalnya, bisa membuat PDF dan memindai OCR. Silakan bisa diunduh di iOS dan Android kita.

 

PhotoScan

PhotoScan merupakan aplikasi pemindaian untuk Android yang diterbitkan oleh Google. Aplikasi ini khusus untuk memindai foto agar bisa menjadi versi digital. Silakan diunduh di iOS dan Android kita. Nanti, hasilnya dapat tersimpan di google photos.

 

Easy Scanner

Aplikasi Easy Scanner di Android mirip dengan Genius Scan. Cara kerjanya hampir sama. Akan tetapi, aplikasi Easy Scanner memiliki fitur yang lebih lengkap, yakni fitur Batch Scan, Advanced image processing, cloud storage dan fitur lainnya.

Bisa diunduh di Google Play Store, smartphone Android. Juga bisa diunduh di App Store untuk pengguna iPhone.

 

Genius Scan

Genius Scan adalah aplikasi pemindaian dokumen yang representatif dan produktif. Cocok bagi kita yang mobile dengan berbagai dokumen. Cara kerjanya juga asyik dan mudah. Cukup letakkan dokumen di depan kamera smartphone kita, maka aplikasi ini akan secara otomatis memindai dan mengenali dokumen. Lebih andal dan baik digunakan oleh professional. Ia mampu memindai dengan latar belakang, memotong, dan membersihkan pindaian.

Tersedia juga fitur OCR, PDF Maker, Document Organization dan lainnya. Genius Scan bisa diunduh di Google PlayStore serta App Store.

 

Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens adalah aplikasi pemindaian dokumen yang diluncurkan oleh Microsoft. Aplikasi ini sangat ideal untuk menangkap berbagai dokumen kerja, bahkan dalam format seperti kwitansi, papan tulis, kwitansi, kartu nama, catatan, dan lain-lain.

Aplikasi pemindaian dokumen ini juga memiliki integrasi Microsoft lainnya seperti One Drive. Microsoft Office Lens memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 52MB. Microsoft Office Lens juga tersedia secara gratis di Android dan juga iOS.

 

Tiny Scanner

Tiny Scanner merupakan aplikasi pemindai dari developer Appxy. Aplikasi scanner ini akan mempermudah memindai PDF hanya menggunakan smartphone kita. Aplikasi ini andal serta cepat melakukan perekaman atau pemindaian. Bahkan, aplkasi ini mampu memindai PDF untuk beragam dokumen. Kemudian, sangat mudah melakukan konversi ke bentuk file lain. Misalnya, PDF menjadi JPG. Sangat mudah dan andal.

 

Adobe Scan

Adobe Scan adalh aplikasi pemindai di HP terbitan Adobe. Adobe scan ini memungkinkan ktia dapat memindai dokumen apa pun. Bahlan dengan mudah dapat mengubah formatnya menjadi PDF atau foto (JPEG). Kita juga bisa mengatur warna dan memotong hasil pindaian sesuai dengan keinginan. Bisa juga diputar ke arah yang diinginkan. Mudah sekali.

 

TurboScan Free

TurboScan Free merupakan aplikasi  pindai atau scan yang mirip juga dengan genius scan. Aplikasi ini dapat memindai beberapa jenis dokumen, misalnya catatan, kwitansi, teks, gambar dan lainnya. Juga mudah digunakan.

Pada umumnya, beberapa aplikasi scanner di atas dapat diunduh dari play store smartphone kita. Selamat mencoba.



Silakan dibaca juga tekno solusi lainnya.


Semoga Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari. Salam Tekno.

Post a Comment for "UNDUH 7+ Aplikasi Scanner Gratis dan Cepat dari HP untuk Berbagai Dokumen"